Rabu, Maret 04, 2009

Peradaban Mesir Kuno

Posting ini saya buat setelah melihat sebuah artikel di google mengenai betapa majunya peradaban mesir kuno,baik dari arsitekturnya,dewa-dewanya,maupun dari bahasanya. Dari segi arsitekturnya dapat kita lihat bagaimana kokohnya piramid-piramid di sana meskipun di buat hanya dengan menyusun batu-batu yang besar dan tanpa menggunakan semen atau perekat lainnya,bukankah itu sebuah keajaiban arsitektur.
Piramida tersebut dibangun untuk tempat pemakaman raja-raja,adapun arsitek yang terkenal dalam pembuatan piramid ini adalah Imhotep.Imhotep adalah seorang arsitek sekaligus dokter pertama yang dikenal dalam sejarah mesir.Imhotep sendiri berarti seseorang dalam damai.Pada sekitar tahun 2630-2611 sm Imhotep telah membuat sebuah piramid yang di beri nama Piramida Djzoser di Saqqara,Mesir.Piramid ini dinamakan sesuai dengan raja yang sedang berkuasa saat itu yaitu raja Djzoser.
Mesir juga terkenal akan dewa-dewanya salah satunya Ra(dewa matahari). Dewa-dewa mesir sebenarnya ada banyak sekali dan wujud kepercayaan penyembahan dewa tersebut berkembang karena adanya pemahaman :
1.Penyembahan terhadap dewa berangkat dari ide/gagasan bahwa manusia tidak berdaya dalam menaklukkan alam.
2.Yang disembah adalah dewa/dewi yang menakutkan seperti dewa Anubis atau yang memberi sumber kehidupan.
Sistem pengawetan jenazah juga terjadi di mesir ini, sistem tersebut disebut dengan mummi. Dasar pembuatan mummi tersebut adalah bahwa manusia tidak dapat menghindari kehendak dewa maut(Anubis).
Dewa-dewi yang terkenal di mesir antaralain:
1.Osiris(dewa hakim di alam baka)
2.Isis (dewi kecantikan,merupakan istri dari Osiris)
3.Aris( dewa kesuburan)
4.Anubis(dewa kematian)




Tulisan yang orang-orang mesir kuno gunakan disebut dengan Hieroglyph yang berupa simbol-simbol berbentuk hewan dan lainnya. adapun bentuk dari hieroglyph tersebut seperti yang di bawah ini














Artinya:"klik aja kalau mau artinya."

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial
{ cursor:url("http://poetrymania.googlepages.com/logobloggerdraft.png"), crosshair;}